GEMAS Wujud Nyata Hadirkan Negara Ditengah Masyarakat

24 Okt 2017 Daerah

Sei Rampah, Inimedan.com
Untuk mewujudkan pemerintahan yang terbuka, bukan hanya butuh perubahan karakter, mentalis atau perubahan pola fikir dikalangan birokrasi pemerintahan. Justru yang utama dibutuhkan adalah reformasi sistem pemerintahan elektronik atau e-Government yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses layanan dari lembaga pemerintah kepada warga masyarakat melalui sistem layanan online.
Demikian disampaikan Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) Darma Wijaya dalam sambutannya saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Membangun Komitmen Stakeholder Proyek Perubahan Sistem Informasi manajemen Notifikasi Kinerja (SIMANJA) dan Gerakan Empati Masyarakat Sakit (GEMAS) Kabupaten Sergai Tahun 2017 bertempat di aula Dinas Kesehatan Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Senin (23/10).
Hadir dalam Rakor tersebut Asisten Ekbangsoso Ir. H. Kaharuddin, Staf Ahli Bupati Surian Syahrizal SH, Kepala OPD, perwakilan BPJS Kesehatan, Forum Masyarakat Sipil Reformasi Birokrasi (Formasi-RB) dan BITRA Indonesia.
Lebih lanjut Wabup mengungkapkan seiring dengan proses reformasi yang terjadi di negara kita, tuntutan masyarakat terhadap birokrasi juga menguat. Birokrasi dituntut untuk melayani masyarakat bukan sebaliknya masyrakat yang melayani birokrat. Sebagai konsekwensi hal tersebut Pemkab Sergai harus meningkatkan kinerja dalam fungsi pelayanan publik agar lebih efektif, efisien dan transparan demi terwujudnya tata pemerintahan yang baik (Good Government).
Kepedulian terhadap masyarakat perlu kita tingkatkan dan kemudahan mengakses pelayanan juga harus kita upayakan. GEMAS harus diimplementasikan untuk meningkatkan kualitas efektif dan efesien program tersebut. Oleh karena itu programnya harus dikemas dalam SIMANJA berbasis aplikasi.
GEMAS merupakan wujud nyata menghadirkan negara ditengah-tengah masyarakat dan ini merupakan tugas kita bersama baik pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten yang melibatkan semua lintas sektor, lintas program maupun masyarakat itu sendiri.
Mengakhiri sambutannya, Wabup menghimbau agar kita mampu melakukan yang terbaik untuk masyarakat, tekad dan kemauan akan menjadi penentu berhasil atau tidaknya program pelayanan masyarakat. Layanan masyarakat online ini masih banyak yang belum mengetahuinya. Oleh karena itu mari kita tingkatkan pelayanan terhadap masyarakat karena kepuasan dari masyarakat sangat penting guna mengevaluasi kinerja dari aparat pemerintah daerah, pungkasnya.
Sebelumnya Kadis Kesehatan dr. Bulan Simanungkalit, M.Kes dalam laporannya menyampaikan tentang SIMANJA Bikin GEMES untuk mewujudkan Kabupaten Sergai Sewhat Tahun 2021 dengan harapan agar visi Kabupaten Sergai yang Unggul, Inovatif dan berkelanjutan dapat tercapai melalui pelayanan berbasis teknologi.
Sedangkan tujuan dari pelaksanaan tersebut adalah untuk menjalin penguatan komitmen bersama dijajaran Pemkab Sergai dalam menjalankan program pembangunan kesehatan di Tanah Bertuah Negeri Beradat dimulai dari sistem aplikasi sampai dengan implementasi pelayanan kesehatan.
Acara diisi dengan penandatanganan Surat Pernyataan Dukungan Stakeholder guna memberikan dukungan dan apresiasi terhadap proyek perubahan SIMANJA Bikin GEMES. (nur)

loading...

© 2015 IniMedan.com. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang.