Ratusan Pelajar Ikuti Diklat Jurnalis dan Sosialisasi Narkoba 2017

3 Nov 2017 Daerah

T.Tinggi-inimedan.com.
Walikota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan,MM mengatakan Peran serta Pers sangat penting dalam mensukseskan pembangunan nasional termasuk di Kota Tebing Tinggi, untuk itu para insan pers dituntut meningkatkan kemandirian, profesional dalam melaksanakan tugas di lapangan sesuai dengan UU No 40 tahun 1999 serta memegang teguh kode etik jurnalistik.
Dalam perkembangan globalisasi modernisasi. Indonesia dihadapi masalah global tentang darurat narkoba, termasuk di Kota Tebingtinggi . Pers/ Wartawan dituntut perannya sebagai pilar ke 4 demokrasi untuk menjadi pelopor memberi informasi kepada masyarakat tentang pencegahan dan bahaya narkoba sesuai UU No 35 Tahun 2009, dan Pers Nasional dituntut menyampaikan tidak mempublikasikan berita kebencian (hate speech) dan berita bohong/hoax.
Demikian hal itu ditegaskan Walikota melalui staf ahli bidang SDM. Drs. Jumpa Ukur Sembiring, MPd. Kamis (26/10) di Gedung Sutomo , ketika memberi sambutan dalam kegiatan Diklat Jurnalistik, Sosialisasi Penyuluhan Hukum Pencegahan Bahaya Narkoba yang diselenggarakan Komite Nasional Wartawan Indonesia (KOMNAS WI) Kota Tebingtinggi yang diketuai Tajudin Tanjung SS. Acara dibuka oleh Ketua DPP Komnas WI Rame Simanjuntak, sesi terakhir Wakil ketua DPP Asli Daichi dan Drs Imran Nasution,MSi (Penasihat DPD) memberikan arahan bimbingan tentang kode etik, tupoksi wartawan dan pandangan moral tentang Pers.
Kapolres Tebingtinggi AKBP Hj Ciceu Cahyati,SH diwakili Wakapolres Kompol A Sinurat,SH bersama Kasat Narkoba AKP Dedy Dharma sebagai nara sumber menjelaskan tentang masalah hukum Perma Nomor 2 serta menyebutkan,terkait berita bohong (hoax) dapat merugikan wartawan itu sendiri, Pers dituntut untuk dapat meningkatkan SDM yang berkualitas dan profesional, sedangkan bagi peserta pelajar dihimbau harus taat hukum serta dapat menjauhi dan memerangi narkoba yang dapat merusak masa depan generasi penerus bangsa.
Kemudian pemamaparan tentang penyalahgunaan bahaya narkoba hingga terkait zat-zat adiktif dan lainnya disampaikan oleh ketua BNN Kota Tebingtinggi Kompol Bambang Rubianto,SH MH.
Hadir dalam kegiatan itu, mewakili Kajari,PN Tebingtinggi,FKPD , Ketua MUI. H Ahmad Dalil Harahap, Ketua FKUB H Abu Hasyim Siregar,SH, Camat Bajenis Ali Hasan,SPd, Sejumlah Kepsek dan para Guru sekolah serta dihadiri peserta pelajar berkisar 200 orang terdiri dari pelajar tingkat SMP, SMA,SMK, Mahasiswa (Abid Pemko), LSM, Insan Pers dari wadah profesi Komnas WI Tebingtinggi. (nur)

loading...

© 2015 IniMedan.com. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang.