Warning: fopen(http://finance.yahoo.com/d/quotes.csv?e=.csv&f=sl1d1t1&s=USDIDR=X): failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.0 403 Forbidden in /home4/helmi14/public_html/inimedan/site/wp-content/themes/inimedan/header.php on line 5
Oseng-Oseng “Mercon” Yogyakarta - IniMedan.com - Portal Berita Medan, Sumatera Utara dan Nasional.

Oseng-Oseng “Mercon” Yogyakarta

5 Apr 2016 Kuliner

Tidak lengkap rasanya kalau kita berwisata ke Yogyakarta, kalau kita tanpa merasakan coliner khas kota Pendidikan itu, yakni Oseng-Oseng Mercon Khas Yogya. Oseng-Oseng merupakan menu makanan yang rasanya Super Pedas, tapi lezat dan nikmat.

Kita, khususnya orang yang berasal dari Pulau Sumatera rasanya yakin tak yakin akan menu makanan yang satu ini. Pasalnya selama ini dikenal kalau orang Yogya (Jawa) tidak menyukai makanan yang pedas. Pedas sendiri selama ini dikenal sebagai kesukaan orang-orang dari Sumatera, baik itu Padang Sumbar maupun Medan Sumatera Utara.

Oseng-Oseng merupakan menu yang dikenal super pedas dan lezat. Jika kita berwisata ke Yogyakarta, kita harus coba makanan ini dan rasakan sensasi huh hah-nya. Lokasi warung oseng mercon di Yogyakarta mudah kok. Biasanya yang berwisata ke Malioboro dengan bus, akan parkir di area parkir bus Ngabean. Nah jalan dari parkir ke Malioboro ini sekira 500an meter dan di sepanjang jalan banyak ditemui warung-warung oseng mercon. Kamu bisa memilihnya. Dan jika ingin mencoba membuat resep Oseng-Oseng mercon bisa baca ulasan berikut ini:

Bahan Oseng-Oseng Mercon Khas Yogyakarta

Daging sapi (tetelan) sebanyak 500 gram
Gula merah cukup dengan 5 gram
Lengkuas 1 buah ukuran 4 cm
Jahe 1 buah ukuran 2 cm
Daun salam sebanyak 4 lembar
Air matang sekitar 350 ml
Cabai merah keriting sebanyak 60 gram
Cabai rawit merah sekitar 200 gram
Bawang merah sebanyak 10 siung
Bawang putih cukup dengan 5 siung
Garam seperlunya saja
Kecap manis sesuai kebutuhan
Minyak goreng seperlunya.

Cara Membuat Oseng-Oseng Mercon Khas Yogyakarta

  • Pertama siapkan sebuah ulekan untuk menghaluskan bumbu bawang putih, bawang merah, cabai keriting, cabai rawit merah, serta jahe. Atau bisa juga di blender. Sisihkan.
  • Siapkan wajan, lalu panaskan minyak goreng secukupnya. Setelah itu  tumis lengkuas, daun salam lalu tambahkan bumbu yang telah kita haluskan tadi. Terus tumis sampai harum.
  • Lalu masukkan daging sapi (tetelan) yang sudah dibersihkan, sembari aduk sampai bumbu rata ke daging.
  • Setelah itu tambahkan air matang ke dalam tumisan dan masak hingga daging empuk. – Semakin empuk daging yang dimasak, maka rasanya akan semakin enak.
  • Langkah terakhir adalah tambahkan gula merah, garam, dan kecap manis. Kemudian aduk-aduk lagi supaya tercampur dan matang.
  • Setelah matang silahkan angkat dan pindahkan ke atas mangkuk saji.

Nah mudah bukan Resep Oseng-Oseng Mercon Khas Yogyakarta ini. Siapkan pula nasi hangat dan minumnya. Catatan – untuk variasi dan menambah khas daging sapi, bisa ditambahkan kikil atau jeroan daging sapi.  Itulah informasi resep pedas, selamat mencoba sendiri di rumah Resep Oseng-Oseng Mercon Khas Yogyakarta.[net]

 

loading...

© 2015 IniMedan.com. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang.