Rasakan Nikmatnya Soto Udang Kesawan

6 Jan 2016 Kuliner

INIMEDAN – Di Kota Medan, ada satu gagrak soto yang sangat unik dan sulit dijumpai di tempat lain, yakni soto udang. Berbeda dengan soto pada umumnya yang menggunakan bahan baku daging sapi atau ayam, Soto Medan yang satu ini menggunakan udang sebagai isiannya.

Untuk mencicipi kelezatannya, Anda bisa singgah ke Kedai Soto Kesawan “Enak Tenan” di Jalan Ahmad Yani (Kesawan) No 116 Medan, tepat di seberang Tjong A Fie Mansion, sebuah bangunan kuno yang menjadi salah satu situs bersejarah di kota ini.

Soto Kesawan ini sudah sangat kondang di kalangan pecinta soto khas Medan. Tidak mengherankan karena usaha soto ini sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu, bahkan kabarnya sudah lebih dari 40 tahun. Sementara nama “Enak Tenan” tersebut menunjukkan bahwa sang pemilik adalah seorang putra Jawa alias Pujasema (putra Jawa kelahiran Sumatera).

Jangan pandang tempatnya, karena kedai soto ini hanya berupa tempat sederhana dan tak begitu luas. Jika sedang ramai, pengunjung harus rela sedikit berdesakan.

Soto Udang Kesawan menggunakan bahan baku udang galah segar dengan ukuran cukup besar. Udang diambil kaldunya dan kemudian digoreng untuk nantinya dijadikan isian soto. Udang dibiarkan utuh (tidak dipotong-potong kecil) namun sudah dibersihkan dari kulit dan kepalanya. Kuah soto terbuat dari perpaduan santan, kaldu udang, dan racikan bumbu kari yang aromanya sedap. Kuah santannya tak terlalu kental, tapi bisa menghadirkan rasa gurih dan aroma yang memikat.

Begitu disajikan, tampak beberapa potong udang menyembul dari kuah soto yang berwarna kekuningan. Aroma rempah khas soto Medan yang sedap segera menyergap indera penciuman. Penampilan soto dipercantik dengan taburan bawang merah goreng dan daun seledri di atasnya. Tak ada bau amis dari udang karena yang digunakan adalah udang segar.

Tingkat kematangan udangnya pun pas sehingga benar-benar terasa nikmat ketika disantap. Perkedel kentang bisa ditambahkan ke dalam soto agar kuahnya menjadi lebih kental dan lebih gurih. Soto udang ini disajikan dengan nasi putih dalam piring terpisah.

Selain Soto Udang, kedai ini menyediakan varian soto lain seperti: Soto Daging, Soto Jeroan, dan Soto Ayam. Jika ingin lebih mantap lagi, Anda bisa memesan soto kombinasi yang berisikan udang dan daging sapi/ayam/jeroan. Sama lezatnya, tapi tentu dengan tekstur isian yang lebih kaya. Saat menyantap soto, jangan lupa juga untuk mencicipi sambal cabai hijaunya yang istimewa.

Soto udang KesawanKedai soto ini buka mulai pukul 08.00 hingga 15.00 WIB. Kedai Soto Udang Kesawan juga membuka cabang di Jalan Thamrin, Jalan Surabaya, dan Jalan Sei Batang Hari Medan.

Eits, tunggu dulu. Bagi Anda yang mungkin ingin coba-coba membuat sendiri soto udang ala Kesawan ini, berikut kami berikan bocoran resepnya.

Bahan:750 g udang ukuran sedang, 300 ml air, 3 sdm minyak sayur, 3lembar daun jeruk purut, 1 batang serai, ambil bagian yang putih, 1 liter santan dari 1 butir kelapa kupas, 2 batang daun bawang (iris halus), 300 g taoge (seduh air panas, tiriskan), 150 g suun (seduh air mendidih, tiriskan).

Bumbu-bumbu, haluskan 2 sdt ketumbar (sangrai), 1 sdt merica butiran (sangrai), 2 cm kunyit, 2 cm jahe, 1 cm temu kunci, 6 butir bawang merah, garam secukupnya.

Bahan pelengkap: sambal cabai rawit, emping goreng, bawang putih goreng.

Cara membuat: Kupas udang, sisakan ekornya, belah punggungnya. Sangrai kulit dan kepala udang hingga kering dan berubah warna. Tuangi air dan didihkan selama 10 menit. Angkat dan saring. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Tuangi kaldu udang dan santan, didihkan. Masukkan udang, masak hingga berubah warna. Tambahkan daun bawang, didihkan kembali. Angkat.

Penyajian : taruh suun dan taoge dalam mangkuk-mangkuk saji. Tuangi kaldu berikut udangnya. Sajikan hangat bersama pelengkapnya.

Mudah-mudahan, rasanya tak jauh dengan Soto Kesawan yang asli ya. [KK/MUL]

loading...

Berita Terkait


Dapur Raja Belut, Patut Dicoba

9 Jan 2016

© 2015 IniMedan.com. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang.