Stres Bikin Susah Tidur? Atasi dengan Trik Simpel Ini

1 Feb 2016 Serbaneka
Ilustrasi

INIMEDAN – Saat sedang stres berat, biasanya kita akan susah berpikir jernih. Bahkan untuk bisa menenangkan diri saja rasanya susah sekali. Mau tidur nyenyak pun rasanya mustahil untuk dilakukan, padahal tidur itu penting sekali untuk menjaga tubuhmu tetap sehat dan bugar.

Saat stres bikin kamu susah tidur, ada trik-trik yang bisa kamu coba, sebagaimana disarikan Vemale.com. Kamu bisa pilih cara yang paling mudah kamu lakukan. Stres pasti ada penyebabnya kan? Jadi sebaiknya temukan dulu penyebab kamu merasa stres atau depresi sebelum mulai mencoba tips dan trik ini.

Jalan-Jalan Santai di Ruang Terbuka
Tenangkan dulu pikiranmu. Segarkan dulu isi otakmu. Mungkin ada banyak pikiran dan hal-hal yang merisaukan dan membuatmu stres. Cobalah untuk melakukan relaksasi dengan jalan-jalan santai di ruang terbuka. Bisa jalan kaki di halaman rumah atau mengelilingi komplek rumahmu.

Atur Tempat Tidur Senyaman Mungkin
Sangat disarankan untuk mematikan lampu sebelum tidur. Dilansir dari drbenkim.com, tidur dalam gelap bisa menstabilkan kadar hormon melatonin (hormon yang terbukti bisa menekan pertumbuhan dan penyebaran tumor payudara). Tidur dengan lampu dimatikan pun bisa menjaga kestabilan siklus sirkadian. Sehingga produksi hormon bisa terjaga dengan baik dan tubuh lebih sehat.

Penting pula untuk mengatur tempat tidur senyaman mungkin. Suhu kamar juga perlu dipantau. Akan lebih baik kalau kamu bisa membuat tempat tidur yang bisa memberi kehangatan. Sehingga tubuh bisa lebih rileks saat kamu berbaring.

Matikan Gadget
Non-aktifkan semua gadget yang kamu punya. Untuk sementara waktu jangan biarkan pikiranmu terganggu dengan kesibukan main gadget. Agar pikiran bisa lebih jernih dan tenang, kamu perlu meminimalisir aneka gangguan atau hal-hal tak penting. Hentikan dulu kebiasaan menonton televisi atau menonton film untuk sementara waktu.

Mengobrol
Mengobrol bisa bantu tenangkan pikiranmu. Apalagi kalau kamu sedang memendam masalah atau ingin mencurahkan emosi dan perasaanmu. Mengobrol dengan orang terdekat bisa bantu redakan stresmu. Saat hati sudah lega setelah curhat dan mengeluarkan semua uneg-unegmu, kamu bisa lebih cepat tidur.

Hindari Kafein
Dilansir dari mindbodygreen.com, efek kafein yang kita konsumsi bisa bertahan dalam tubuh selama 8-14 jam. Kalau ingin tidur nyenyak di malam hari, sejak siang atau sore harinya hindari minum atau mengonsumsi kafein, ya Ladies. Selain itu untuk menu makan malam coba untuk mengatur menu yang kaya protein dan karbohidrat kompleks.

Lakukan Yoga Ringan
Gerakan-gerakan yoga ringan bisa bantu membuat otot-otot tubuhmu lebih rileks. Aliran darah juga bisa lebih lancar. 5-10 menit melakukan gerakan yoga ringan bisa membuatmu merasa lebih tenang. Dan ketika berbaring di tempat tidur, kamu bisa lebih mudah untuk terlelap.

Stres memang kerap kita rasakan. Kalau diabaikan atau dibiarkan begitu saja, pola hidup dan kesehatan kita bisa saja terganggu. Dan agar kamu bisa tetap istirahat dan tidur nyenyak saat stres melanda, coba lakukan tips-tips di atas. Pasti ada salah satu cara yang paling pas dan ampuh buatmu. [VC]

loading...

Berita Terkait


Mengapa Islam Melarang Yoga?

14 Des 2015

© 2015 IniMedan.com. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang.