Ini Isu Tema Debat Perdana Paslon Pilgubsu 2024

KPU Provinsi Sumatera Utara merilis poster pelaksanaan debat publik Pilgubsu 2024.
KPU Provinsi Sumatera Utara merilis poster pelaksanaan debat publik Pilgubsu 2024. (Foto/IMC/Ist)

Inimedan.com-Medan   | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara bersama tim perumus telah menetapkan tema debat publik perdana bagi para pasangan calon Pemilihan Gubernur – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) 2024.

Komisioner KPU Sumut Divisi SDM dan Litbang, Robby Efendi Hutagalung, mengatakan tema debat perdana tersebut yakni ‘Pelayanan Publik dan Kesejahteraan Masyarakat’. Antara lain subtemanya yaitu pelayanan kesehatan yang meliputi: ketersediaan dokter di daerah dan digitalisasi pelayanan kesehatan.

Selanjutnya, kata Robby, isu soal pelayanan pendidikan yang meliputi pemerataan angka partisipasi pendidikan, pendidikan inklusi, digitalisasi dalam pendidikan, ketersediaan guru di tingkat daerah.

“Kemudian optimalisasi pelayanan administrasi birokrasi atau digitalisasi dan efisiensi, pengawasan, isu kolusi korupsi nepotisme atau KKN, pungutan liar, dan pemerintahan yang bersih,” katanya pada, Sabtu (19/10/2024).

Mengenai subtema kesejahteraan masyarakat, jelas Robby Effendi, meliputi isu pengentasan kemiskinan yang terdiri dari disparitas atau kesenjangan antarwilayah, lapangan pekerjaan, pemberdayaan masyarakat desa/kota, gelandangan atau pengemis.

Isu berikutnya seputar problematika sosial dan pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial yang meliputi narkotika, geng motor atau begal dan judi online.

“Kemudian isu subtema ini berikutnya meliputi dampak digitalisasi terhadap masyarakat atau penguatan sektor informal, pemberdayaan ekonomi UMKM, dan pemutusan hubungan kerja atau PHK,” ujar mantan komisioner KPU Kota Binjai tersebut.

Selain tema debat, KPU Sumut telah menetapkan nama-nama panelis debat publik atau debat terbuka pertama antarpasangan calon Pilgubsu 2024. Mereka yang dipilih berlatarbelakang akademisi, profesional dan tokoh masyarakat Sumut.

Yakni antara lain Dr Nispul Khair MAg, Dr Hatta Ridho MSP, Dadang Darmawan Pasaribu SSos MSi, Prof Dr Hisarma Saragih MHum, Dr Mahmul Siregar SH MHum, dr Moammar Andar Roemare Siregar MD, Prof Dr Hasan Sazali MA, Assoc Prof Dr Mujahiddin SSos MSP, dan Dr. Zakaria Siregar SSos MSP.

Debat terbuka kandidat Pilgubsu 2024 akan digelar sebanyak tiga kali. Debat perdana akan berlangsung di Hotel Grand Mercure, Medan pada 30 Oktober 2024. Debat kedua dijadwal berlangsung pada 6 November 2024 di Hotel Santika Dyandra. Sementara untuk debat pamungkas akan dilaksanakan pada 13 November 2204 di Hotel JW Marriott.

Tahapan debat kandidat Pilkada Serentak ini berdasarkan Keputusan KPU Nomor 1363 Tahun 2024 tentang Pedoman Teknis Pelaksanaan Kampanye Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota. *di#

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *