Inimedan.com-Medan   | Kontingen Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut tahun 2024, yang berhasil sebagai Empat Besar pada pesta olahraga multi even Empat tahunan itu, dibubarkan dalam acara syukuran, Minggu  (13/10/2024) malam, di Tiara Convention Center Medan.

Dihadiri Ketua KONI Sumut yang juga Ketua Kontingen Sumut, John Ismadi Lubis, Pj Gubsu yang diwakili EfFendi Pohan selaku Sekretaris Umum Panitia Besar (PB) Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut, unsur Forkopimda dan para atlet.

“Kita tidak akan memetik tanpa menanam, maka kita merawatnya hingga tumbuh kuat dan menjulang tinggi,”ujar Pj Gubsu yang disampaikan Effendi Pohan.

Provinsi Sumatera Utara, kata Pj Gubsu, membawa hasil membanggakan dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 dengan mengumpulkan 254 medali dengan rincian 79 medali emas, 59 medali perak dan 116 medali perunggu, sehingga menduduki peringkat keempat dari seluruh  provinsi yang bertanding.

Hasil PON XXI/2024 merupakan kerja keras kita semua yang hadir di ruang ini. Pemprovsu akan terus berkomitmen untuk memajukan dunia olahraga di daerah di Sumatera Utara.

“Kami akan terus supaya meningkatkan kualitas sarana dan prasarana serta memberi dukungan penuh,” ujar Gubsu seraya menyampaikan kebanggaan kepada pada kepada atlet yang berprestasi dan yang belum terus bersemangat.

Kedepan, katanya, bagaimana membuat kajian akademis, kajian ekonomi dan kajian ilmiah agar melakukan pertandingan-pertandingan di mana-diman

Seperti diketahui, selain peningkatan prestasi, pada PON XXI juga terjadi banyak pemecahan rekor nasional.Mulai dari cabang olahraga (Cabor) atletik yang memecahkan 7 rekor nasional dan 21 rekor PON.

Yang tak kalah spesial atlet lari Sumut, Nella Agustin berhasil memecahkan tiga rekor nasional meski belum menjadi atlet nasional.

Diakhir acara pemberikan ucapan terimakasih dari Kontingen Sumut kepada PJ Gubsu dan Porkopimda, ramah tamah dan makan malam bersama.

Ketua KONI Sumut, Jhon Lubis menyatakan bahwa pada pengukuhan pak Pj.Gubernur Sumatera Utara meminta pada kontingen sumut harus bisa masuk di ranking Empat nasional. Alhamdulillah kelebihan adalah di aceh kita mengikuti 58 cabang olahraga dari 65 yang dipertandingkan di sumatera utara kita ikut semua cabang olahraga yang 34 dapat mengalaminya alhamdulillah dari 58 cabang olahraga ini 426 cabang olahraga dapat meraihnya sumatera utara adalah 79 medali emas 59 medali perak dan 116 perunggu.

Hasil ini seperti yang terjadi 70 tahun yang lalu pada PON-III tahun 1953 di Medan,  dimana Sumatera Utara berada pada posisi ke empat. Menurut Jhon Lubis, dari 58 cabang olahraga yang di ikuti,  ada empat cabang olahraga yang menjadi juara umum dimasing-masing cabang, yakni diantyaranya barongsai, drum band  bowling.

Sementara dicabang lainnya berada pada posisi ranking 2 dan sebenarnya sudah bisa menunjukkan dari seluruh cabang olahraga atlet Sumatera Utara memecahkan record rasional, dicabang atletik  serta dari cabang renang.  Dari sebanyak 34 cabang olahraga yang dipertandingkan di Sumatera Utara, semuanya sukses tidak ada kendala. *di#

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *